Mahasiswa UNP Aksi Damai, Suarakan Pemilu Damai dan Tolak Kepentingan Politik

Prosumbar - Aliansi mahasiswa yang dimotori BEM Fakultas dan Ormawa lingkup Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan aksi damai di depan DPRD pada Senin, (12/2/2024).

Dalam aksi damai tersebut, aliansi mahasiswa UNP menyuarakan Pemilu damai dan menegaskan bahwa mahasiswa UNP tidak terlibat kepentingan politik manapun.


Koordinator Aliansi, Dedek Wiradie menyatakan bahwa perlu untuk menegaskan kembali bahwa mahasiswa UNP tetap pada alur semestinya yakni mitra kritis pemerintah.


“Kita mahasiswa UNP tidak peduli siapapun yang menang nanti, kita akan tetap sebagai mitra kritis pemerintah, masalah pilihan kami menjunjung tinggi asas bebas dan rahasia,” katanya.


Hal itu dipertegas Koordinator Lapangan Rifaldi Makriwal. Dalam aksi tersebut bahwa mereka menyayangkan beberapa oknum mahasiswa yang membawa nama mahasiswa demi kepentingan pribadi.


“Kami melihat beberapa peristiwa politik hari ini, salah satu kami sangat menyayangkan ada sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Sumatera Barat yang menyatakan dukungan, kami memandang ini sebagai penjajahan terhadap nilai pergerakan mahasiswa dan mencederai integritas mahasiswa,” katanya.


Adapun poin-poin deklarasi Aliansi Mahasiswa UNP sebagai berikut:


1. Bahwa kami mahasiswa UNP yang hari ini diwakili Ketua dan perwakilan BEM Fakultas di lingkup UNP menyatakan bahwa mahasiswa UNP tidak memiliki keberpihakan secara kelembagaan.


2. Atas nama pilihan, kami berpegang teguh dengan asas bebas rahasia, dimana pilihan itu adalah hak pribadi dan bersifat rahasia.


3. Maka dari itu, atas nama aliansi mahasiswa UNP kami BEM Fakultas di lingkup UNP menyatakan tetap berada pada fungsi mitra kritis pemerintah.


4. Siapapun yang pada akhirnya memenangkan kontestasi Pemilu 2024, kami tetap memegang teguh fungsi sebagai mitra kritis, yakni mendukung secara penuh segala hal positif dan mengkritik segala hal negatif!