Tembus 1,5 Juta! Perolehan Suara Komeng Kalahkan Capres Ganjar-Mahfud di Jawa Barat

Prosumbar - Nama komedian Alfiansyah Komeng tengah melejit usai namanya ada di salah satu kertas suara pemilihan legislatif (pileg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Jawa Barat.

Komeng yang viral dan menjadi sorotan, diketahui bermula dari fotonya dalam kertas pileg yang dianggap nyeleneh dan berbeda dari calon lainnya yang terkesan formal.


Meski demikian, eksistensi Komeng ternyata tak sampai disitu saja, berdasarkan pantauan JawaPos.com dari website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suara Komeng tembus hingga lebih dari 1 juta lebih.


Dari data rekapitulasi sementara KPU per tanggal 17 Februari 2024 pukul 19.30 WIB, perolehan suara Komedian Komeng melejit hingga 1.556.735 suara.


Rekapitulasi data sementara tersebut diambil oleh KPU dari 73479 tempat pemungutan suara (TPS) atau 52,31 persen dari total 140457 TPS yang ada di Jawa Barat.


Hasil itu menunjukkan, suara Komeng sementara ini berhasil mengalahkan semua perolehan suara partai politik (parpol) khusus di tingkat Pileg DPR dan DPRD Provinsi Jawa Barat.


Bahkan, tak hanya mengalahkan semua parpol di tingkat Provinsi Jawa Barat saja, perolehan suara Komeng juga lebih unggul dari suara paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Barat.


Berdasarkan perolehan suara sementara KPU, paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud itu hanya memperoleh sebanyak 1.405.451 suara khusus di Jawa Barat.


Jumlah tersebut merupakan hasil dari rekapitulasi sementara melalui Sirekap KPU, per hari Sabtu (17/2), pada pukul 19.30 WIB dari data yang masuk sekitar 63,09 persen.


Untuk diketahui, rekapitulasi data sementara itu diambil oleh KPU dari 88613 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 140457 TPS yang ada di Jawa Barat


Sumber: jawapos