Anggota DPR RI Soroti Konflik Agraria di Pasaman Barat

Prosumbar - Legislator asal Sumatera Barat, John Kenedy Azis menyorot persoalan agraria yang melibatkan warga Air Bangis, Pasaman Barat.


John Kenedy Azis/golkarpedia.com

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar ini mendesar pemerintah provinsi dan kabupaten setempat untuk mencarikan jalan keluar dari persoalan tersebut.


Dikutip dari Antara, legislator Sumbar ini mengatakan dirinya mendukung warga Air Bangis yang memperjuangkan haknya yang dikuasai oleh korporasi dan atau kelompok tertentu


Menurutnya pemerintah provinsi dan kabupaten setempat harus segera berdialog dengan masyarakat guna mencari jalan keluar. Hal ini bertujuan agar warga Air Bangis tidak dirugikan.



"Ambo sangat prihatin atas masalah dan cobaan yang diderita masyarakat Air Bangis ini," kata John Kenedy Azis seperti dilansir Antara pada Kamis (3/8/2023).



John Kenedy Azis berharap persoalan yang menimpa warga Air Bangis tersebut dapat diselesaikan segera dengan keputusan yang adil.


Diberitakan sebelumnya, masyarakat asal Air Bangis, melakukan aksi damai dari Masjid Raya Sumatera Barat ke kantor gubernur setempat untuk memperjuangkan hak mereka pada Selasa dan Rabu kemarin.


Warga Air Bangis ini turun ke jalan bersama mahasiswa yang menuntut Gubernur Sumbar Mahyeldi untuk membatalkan rencana Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menyelesaikan konflik agraria di Nagari Air Bangis.


Longmarch warga Air Bangin ini sempat menjadi perhatian publik. Warga Pasaman Barat ini juga menginap di Masjid Raya Sumbar agar aksi damai yang dilakukan dapat terus dilakukan hingga tuntutan mereka ditindaklanjuti.


Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat menunaikan ibadah sholat subuh di Masjid Raya Sumbar, menemui para pengunjuk rasa yang telah tiga hari menginap di masjid tersebut.


Pada kesempatan itu gubernur mendengarkan dan menerima aspirasi dari masyarakat Air Bangis terkait aksi unjuk rasa yang mereka lakukan tiga hari terakhir.


Ia menyebut akan berupaya untuk membantu menyelesaikan persoalan sesuai kewenangan dan aturan yang berlaku.


Gubernur menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Sumbar untuk menjamin keamanan masyarakat Air Bangis saat berada di Padang atau saat ingin kembali ke kampungnya.