Krusial, Bawaslu Kota Padang Kawal Pemuktahiran Data Pemilih


Prosumbar - Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan krusial. Sehingga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang bertekad mengawal tahapan tersebut semaksimal mungkin. 


Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Padang, Eris Nanda saat membuka Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu, di salah satu hotel di Kota Padang, Rabu (06/12/2023).


Eris mengatakan pemutakhiran data pemilih adalah proses krusial dalam menjaga integritas Pemilu. Pasalnya, tahapan ini mencakup pembaharuan dan penyempurnaan data pemilih.


"Untuk itu Bawaslu harus memastikan bahwa daftar tersebut mencerminkan populasi yang sudah memenuhi syarat untuk memberikan suara," Kata Eris 


Pemutakhiran data pemilih katanya lagi, termasuk dalam hal penambahan, penghapusan, atau pembaharuan informasi Pemilu. Ini semua dilakukan agar daftar pemilih tepat dan tetap akurat.


"Pengawasan ini memastikan proses demokrasi yang lebih baik dan sesuai keinginan rakyat, serta memastikan bahwa proses politik berjalan dengan cara yang adil dan beradab," ucapnya.


Disampaikannya, Bawaslu memiliki peran sentral dalam menjaga integritas pemilu, termasuk dalam tahapan pemutakhiran data pemilih. Semua ini katanya lagi, dilakukan untuk memastikan data pemilih terlindungi dari praktek praktek manipulatif.


"Bersama mitra Bawaslu dan Sentra Gakkumdu Pemilu, Bawaslu bertanggung jawab untuk menindaklanjuti setiap pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terkait dengan pemutakhiran data pemilih," ujar Eris.