Aksi Relawan PKS Pasaman Tanggap Banjir di Lubuk Sikaping


Prosumbar - Dampak meluapnya beberapa aliran sungai di Jorong Kampuang Lua, Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat, menyebabkan banjir bandang pada Sabtu malam (02/12/2023). Meskipun tidak ada korban jiwa, bencana ini merusak sejumlah fasilitas umum, pendidikan, dan rumah-rumah masyarakat.


DPD PKS Pasaman, menunjukkan respons cepat dengan meluncurkan aksi peduli bagi masyarakat terdampak banjir. Pada Ahad pagi (03/12/2023), struktur DPD bersama relawan, yang berjumlah 20 orang, membagikan 110 bungkus sarapan serta 160 bungkus nasi kepada masyarakat dan relawan yang aktif membantu membersihkan rumah-rumah dan fasilitas umum yang terkena dampak banjir.


Selain bantuan pangan, relawan PKS Pasaman juga aktif dalam kegiatan bakti sosial membersihkan beberapa rumah kader yang terdampak, termasuk rumah Ustadz Nilna Iqbal, Sekretaris DPD PKS Pasaman, dan beberapa rumah kader lainnya. Aksi ini melibatkan struktur DPD, anggota legislatif, calon legislatif, serta simpatisan yang bersatu dalam upaya membersihkan lumpur dan mendukung pemulihan masyarakat terdampak.


Menanggapi kebutuhan mendesak akan pangan, pakaian, serta sarana dan prasarana untuk membersihkan lumpur, aksi relawan PKS Pasaman memberikan dukungan nyata bagi masyarakat dalam situasi darurat ini. Diharapkan, upaya kolaboratif dari pemerintah, lembaga terkait, dan relawan akan mempercepat pemulihan, memungkinkan masyarakat kembali beraktivitas seperti sedia kala. (Pro/rel)