Legislator Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Padang Panjang


Prosumbar - Anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Padang Panjang dalam menumbuhkembangkan sektor ekonomi kreatifnya, salah satunya pasar barang-barang seni dan kerajinan. Menurutnya, kota kecil di Sumatera Barat ini punya potensi dengan eksistensi komunitas-komunitas seniman yang mandiri.


"Kami memang mendapatkan banyak masukan, salah satunya dari komunitas seniman, banyak sekali potensi dari anak-anak muda di sini. Sayangnya belum banyak wadah atau salurannya," ujar Lisda saat pertemuan Komisi X dengan Pemda Kota Padang Panjang yang bertujuan belanja masalah, Padang Panjang, Sumatera Barat (6/12/2023).


Ketiadaan wadah seperti event alias acara seni, membuat para pegiatnya di Padang Panjang harus rela mencari akses di luar Sumatera Barat. Lisda, Legislator Dapil Sumbar I ini, menangkap permasalahan tersebut dan mendorong agar wadah-wadah bagi seniman berbagai generasi ini dapat dibantu oleh pemerintah untuk agar eksis di Padang Panjang.


Apalagi tak jarang para pegiat seni ini secara mandiri membentuk dan menciptakan wadah serta acara kesenian yang memperbesar potensi perolehan sektor ekonomi kreatif di Sumatera Barat. Oleh karena itu, Lisda menyuarakan agar pemerintah juga dapat memberikan perhatian lebih kepada para komunitas ini.


"Harapannya dengan hadir kami di sini, belanja masalah yang Komisi X lakukan dapat mendorong perbaikan di sistem kita," sebut Lisda. Adapun ia mengapresiasi kaum muda Padang Panjang yang kreatif mengembangkan seni dan telah mandiri berkarya. (Pro/rel)